img
Terrafugia Transition

Detroit - Produsen mobil besar sebaiknya mulai berpikir untuk membuat mobil-mobil yang bisa terbang. Mereka diminta jangan terlalu fokus pada mobil ramah lingkungan seperti listrik.

Setidaknya itu yang ada di benak investor Tesla Motor Inc Tim Draver seperti dikutip Reuters, Kamis (13/9/2012).

Seperti kita ketahui beberapa tahun terakhir, pabrikan mobil besar seperti GM, Nissan meluncurkan mobil-mobil listrik.

Sementara Tesla sudah lebih dulu mengenalkan model listriknya. Yang terbaru adalah sedan Model S. Tesla berpikir mobil-mobil listrik keluaran mereka menjadi berita buruk bagi pabrikan besar.



Mobil listrik Tesla (Reuters)

"Saya mungkin akan berkata 'Oke mereka (Tesla) memenangkan ini (mobil listrik), saatnya kita beralih ke mobil-mobil terbang'," begitu ucapan Draver soal apa yang harus ada di benak para bos produsen mobil besar.

GM dan Nissan enggan mengomentari hal ini namun, mantan eksekutif GM menyebut omongan Draver itu absurd.

"saya tidak terkejut kalau GM dan Nissan tidak mau bicara, ini sangat tidak masuk akal," ujar mantan Vice Chairman GM Bob Lutz.

Lutz mungkin menganggap omongan Draver absurd, tapi bukan berarti mobil terbang sulit terwujudkan.

Pembuat mobil-terbang, Terrafugia Inc mengatakan kalau mereka telah berhasil melakukan pengetesan pertama mobil terbang mereka, Transition. Produksi massal pun sudah di depan mata.

Kendaraan yang memiliki kapasitas 2 penumpang ini dirancang untuk terbang diantara airport lokal dan juga untuk melaju di jalanan umum. Terrafugia berharap mobilnya itu menjadi mobil komersial pertama yang bisa terbang.

http://www.terrafugia.com/images/photogallery/2010GraphicRenders/road-mid.jpg


Untuk mengubahnya dari mobil menjadi pesawat ringan, hanya membutuhkan watu sekitar 30 detik saja. Tenaga pendorongnya berasal dari mesin bensin biasa yang bisa diisi dari SPBU. Sementara baling-balingnya ditempatkan di bagian belakang. Mobil pun cukup kecil sehingga bisa masuk ke garasi rumah.

Kecepatan mobil terbang ini paling tinggi mencapai 185 km per jam dengan konsumsi BBM 18,9 km per liter.

Terrafugia sudah mengembangkan mobil ini sejak 2006 lalu. Namun hari peluncurannya selalu mundur karena berbagai masalah. Namun bulan Juni lalu, Terrafugia mendapatkan izin dari National Highway Traffic Safety Administration agar mobilnya bisa terbang di udara dan jalanan Amerika.

http://www.terrafugia.com/images/photogallery/2010GraphicRenders/runway-mid.jpg

Terrafugia sudah melakukan tes terbang perdana pada Maret 2009, dan menyebutnya sebagai batu loncatan di industri penerbangan.

Terrafugia sendiri berasal dari bahasa latin yang artinya 'kabur dari daratan'.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Blog Archive

Total Pageviews